Doa untuk Suami yang Sedang Bekerja Mencari Nafkah

Thiqla > Wanita Muslimah > Doa Untuk Suami > Yang Sedang Bekerja

doa untuk suami yang sedang bekerja

Doa adalah ungkapan permintaan seorang hamba kepada Tuhannya. Sejatinya, berdoa dapat dilakukan kapan saja dan dalam situasi apa saja. Sebagai seorang istri, mendoakan suami merupakan salah satu bentuk kasih dan baktinya kepada sang suami. Doa untuk suami yang sedang bekerja mencari nafkah adalah satu dari sekian banyak doa sehari-hari yang dapat dipanjatkan oleh seorang istri untuk suaminya.

Bahkan, salah satu hadist menyebutkan bahwa doa istri untuk suaminya merupakan salah satu doa yang paling cepat dikabulkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala, sama seperti doa para ibu untuk anak-anaknya. Berikut ini adalah doa yang dipanjatkan oleh istri ketika suami bekerja.

Kata Kata Doa untuk Suami yang Sedang Bekerja Mencari Nafkah

doa untuk suami yg sedang bekerja

Contoh doa buat suami yang lagi kerja: “Ya Allah, Ya Rahman, Ya Rahiim, Ya Allah tuhanku yang maha pengasih dan maha penyayang. Lindungilah suamiku yang sedang bekerja dan berikanlah dia kesehatan, kekuatan dan kemudahan dalam pekerjaannya. Kabulkanlah doa untuk suami-ku yang sedang bekerja mencari nafkah, Ya Allah.”

doa untuk suami kerja

Contoh doa untuk suami yang sedang bekerja jauh: “Ya Allah, Ya Waliyy, Ya Allah tuhanku yang maha melindungi. Lindungilah suami hamba yang sedang bekerja jauh dariku. Berikan suami hamba kekuatan, kesehatan, rahmat dan bimbinganMu dalam pekerjaannya. Ya Allah, yang maha pemurah dan maha mengabulkan doa, kabulkanlah doa saya ini.”

Baik di dalam Al-Quran dan As-Sunnah, belum ditemukan doa yang secara spesifik disebutkan sebagai doa untuk suami yang sedang bekerja. Namun, kita dapat memohon kepada Allah Subhanahu wa ta’ala dengan kata-kata yang kita susun sendiri karena pada dasarnya, ucapan adalah doa.

Semua perkataan yang terlontar, bahkan yang ada di dalam hati kita, dapat dianggap sebagai doa. Oleh karenanya, Islam mengajarkan agar kita selalu bertutur kata yang baik karena kata-kata adalah perwujudan dari permohonan kita.

Doa untuk suami yg sedang bekerja dapat diucapkan dengan bahasa apapun. Tentunya didasari dengan niat yang baik dan pemilihan kata-kata yang tepat serta menunjukkan kerendahan hati dan permintaan yang tulus kepada Allah Subhanahu wa ta’ala.

Baca Juga:

Kenapa Istri Harus Doa untuk Suami Kerja ?

doa untuk suami yang bekerja

Suami adalah imam dalam keluarga. Sebagai seorang pemimpin, sudah sepatutnya ia dihargai dan diikuti oleh para pengikutnya. Dalam hal ini, istri dan anak-anaklah yang dipimpin oleh suami. Menjaga kelangsungan kehidupan berkeluarga menuntut adanya kerja sama dari seluruh anggotanya. Salah satu tugas istri dan anak-anak adalah mendoakan suami atau ayah mereka.

Seperti yang telah disebutkan di atas, doa untuk suami kerja merupakan salah satu doa sehari-hari yang dapat dibaca oleh seorang istri. Doa merupakan salah satu bentuk kasih sayang dan bakti seorang istri kepada sang suami. Tidak hanya mengharapkan kesehatan atau keberkahan usianya saja, namun kita juga memohonkan perlindungan dan kebaikan selama ia bekerja.

Salah satu keajaiban doa adalah doa yang kita panjatkan akan berbalik kepada diri kita sendiri. Contohnya, jika seorang istri mengucapkan doa untuk suami yang bekerja, memohonkan perlindungan dan keberkahan bagi suaminya. Artinya, ia sedang memohonkan hal yang sama untuk dirinya sendiri sebagai seorang istri. Ia mendambakan keselamatan, kemudahan, dan keberkahan dalam bekerja atau mengurus rumah tangganya sehari-hari.

Membacakan doa untuk suami yang sedang bekerja mencari nafkah menunjukkan bahwa sang istri telah melaksanakan salah satu tugasnya sebagai istri yang shalihah. Sebaik-baik perhiasan di dunia ini adalah istri shalihah seperti sabda Rasulullah ﷺ berikut ini:

“Dunia ini adalah perhiasan (kesenangan) dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah perempuan (istri) yang shalihah.” (HR Muslim, Nasa’I Ibnu Majah, dan Ahmad).

Berdoa juga merupakan salah satu cara untuk memperbesar keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Berdoa adalah bentuk keyakinan bahwa Ia adalah dzat yang Maha Segalanya, tempat para hamba-Nya meminta dan memohon pertolongan. Allah Subhanahu wa ta’ala pun suka mendengar hamba-hamba-Nya berdoa. Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman: “Aku tidak menciptakan jin dan manusia kecuali hanya untuk beribadah kepada-Ku,” (QS Adz Dzariyat: 56).

Doa buat suami yang lagi kerja merupakan salah satu dari rangkaian doa sehari-hari yang dapat dipanjatkan oleh sang istri, bahkan oleh anak-anak kepada orang tua mereka. Dengan kesadaran bahwa diri ini selalu bersandar dan membutuhkan Allah Subhanahu wa ta’ala di semua urusan yang kita lakukan, maka yakinlah pula rahmat-Nya akan selalu menaungi kita semua.

Adab Berdoa kepada Allah Saat Mendoakan Suami Yang Sedang Bekerja

doa untuk suami yang sedang bekerja mencari nafkah

Doa merupakan salah satu bentuk ibadah kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Selayaknya ibadah lainnya yang memiliki tata cara tertentu, berdoa juga harus dilakukan dengan memperhatikan adab-adabnya. Begitupun ketika memanjatkan doa untuk suami yang sedang bekerja jauh. Lantas, bagaiman adab dalam berdoa kepada Allah Subhanahu wa ta’ala?

  1. Berdoa dengan khusyu’, fokus, dan mengesampingkan urusan-urusan lainnya ketika berdoa. Semakin khusyu’ kita dalam berdoa, semakin mudah doa-doa kita, termasuk doa untuk suami bekerja dari para istri, akan dikabulkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala.
  2. Berdoa di waktu-waktu yang mustajabah. Diantara waktu-waktu yang mustajabah tersebut antara lain diantara adzan dan iqomat, di waktu sehabis sholat, dan di waktu sepertiga malam. Lantunkan doa diantara waktu-waktu tersebut agar mudah dikabulkan, terutama doa istri untuk suami yang sedang bekerja mencari nafkah.
  3. Memanjatkan puji-pujian kepada Allah Subhanahu wa ta’ala melalui sifat-sifat yang dimiliki-Nya. Berdoa adalah ritual kita dalam memohon sesuatu. Selayaknya kita sedang meminta bantuan kepada seseorang, kita mengingat sifat baiknya dan mengambil hatinya agar ia mau menolong kita. Begitupun dengan berdoa. Sebagai bentuk kerendahan hati kita di hadapan-Nya dan keimanan kita kepada-Nya, kita dapat memuji sifat-sifat Allah Subhanahu wa ta’aladi sela-sela doa kita.
  4. Melantunkan doa-doa yang baik. Semua doa pada hakikatnya akan kembali kepada yang mendoakan. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk memohonkan hal-hal yang baik saja untuk siapapun. Termasuk doa buat suami yang sedang bekerja dari para istri.
  5. Memakai pakaian yang pantas dan baik. Salah satu adab dalam berdoa yang paling penting adalah dengan menutup aurat. Pilihlah pakaian yang terbaik dalam beribadah dan memohon kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Dengan begitu, artinya kita menjunjung tinggi hubungan kita dengan Allah Subhanahu wa ta’ala dan kehambaan kita hanya kepada-Nya.

Doa adalah satu-satunya cara untuk mengubah takdir. Tentunya, kita semua selalu berharap agar hidup kita dinaungi kebaikan dan keberkahan di segala urusan.

Semoga doa istri untuk suami yang sedang bekerja mencari nafkah juga akan membawa ketenangan, baik bagi suami istri maupun bagi anak-anaknya. Semoga segala sesuatu yang dikerjakan oleh suami dan istri mendapatkan rahmat dan cinta kasih-Nya.